Monday, January 1, 2018

Pelaksanaan PLPG tahun 2017 Rayon 109 UNJ bidang Mekatronika

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pelaksanaan program PLPG selama kurang lebih 10 hari, berlokasi di Bogor Jawa Barat telah selesai. Hasil yang dicapai alhamdulillah memuaskan berkat usaha dan doa,  yang jelas dari pertolongan Allah SWT.
Karna dari NYA lah kami semua selesai melewati tahapan demi tahapan, tanpa halangan berarti. Pelaksanaan PLPG tahun ini berbeda sekali dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelum.
Tahapan tersebut dapat saya uraikan menjadi uraian singkat pada artikel ini.


1. Tahapan pra kondisi
Dilakukan selama 3 bulan.  Pada tahapan ini peserta yang sudah mendapatkan formulir A1 diwajibkan mendaftar kan diri pada kelas online dan akun khusus yang username  dan password nya diberikan pada ybs melalui dinas terkait.
Berisi tentang belajar secara online mendownload dan membaca modul yang diberikan. Yang jumlah banyaknya modul tergantung mata pelajaran yang di PLPG kan. Dalam hal ini kelas mekatronika mendapat jatah 8 modul pdagogik dan 6 modul profesional bidang mekatronika. Modul tersebut dibaca dan dipelajari secara mandiri.
Sebagai bukti dari setiap modul yang sudah dipelajari kemudian dibuat ringkasannya dan soal soal uraian dikerjakan kemudian dikirimkan ke akun yang sudah dibuat. Hasilnya nanti akan direview oleh mentor yang sudah ditetapkan pada akun kita.
Selama ini pengumpulan dilakukan sebanyak 4 tahap dengan deadline yang ditentukan oleh mentor ybs.

2. Tahapan PLPG
Pada tahapan ini peserta diundang, menunggu panggilan dari tempat pelaksanaan masing peserta. Penulis mendapat panggilan gelombang ke 3 oleh rayon 109 Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  Pelaksanaan selama 10 hari di Bogor.
Tahapan du PLPG disini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya. Yang membedakan adalah pada awal pertama kelas dimulai peserta membawa rekapan hasil rangkuman hasil belajar modul secara mandiri tsb lalu memudian dibuatkan presentasi didepan mentor. Kalau yang selama 3 bulan kita ber komunikasi Secara online, sekarang bertemu langsung, sekalian ajang berkenalan dan bersilaturahim dengan sesama peserta dan sekaligus mentor kota.
Lalu penilaian dan seterusnya sama seberti pelaksanaan PLPG yang lama.

3. Tahapan Ujian Tulis Nasional (UTN)
Dilaksanakan pada hari ke 11,berlokasi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Peserta lain tergantung pada rayon masing-masing. Disini penulis berada di rayon 109 UNJ.  Tahapan inilah yang menjadi momok peserta PLPG tahun 2017 dengan format baru. Karena disinilah nasib peserta ditentukan.
PLPG lulus belum tentu dapat sertifikat pendidik a.k.a sertifikasi guru. Karena standar nilai yang ditetapkan sebesar 80. Luar biasa tinggi jika skor maksimal 100.
Banyak peserta yang merasa khawatir, termasuk penulis sendiri. Akan tetapi jika tidak lulus akan ada ujian UTN ulang yang dikabarkan akan dilaksanakan diantar bulan maret - april 2018.

4. Tahapan pengumuman kelulusan UTN
Pada tahapan ini peserta menunggu hasil yang diumumkan setiap rayon dimana peserta ikuti. Berbeda waktu pengumuman nya sesuai kebijakan masing-masing rayon.

5. Tahapan selanjutnya....
Selamat jika anda lulus dan yang mengulang jangan sedih... sabar, belajar dan berdoa jangan lupa bersedekah. Tahun 2018 ikut lagi.
Semoga lulus... Amin ya rabbal alamin.

Contoh hasil pengumuman resmi lewat web unj disini http://unj.ac.id/lp3m/. Mohon Jadi jangan terkecoh dan percaya dengan yang lain yang mengatasnamakan pengumuman PLPG 2017. Itu penipuan!
Cara ceknya yaitu masuk ke laman web di link tersebut. Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia. Dan berdoa akan hasilnya semoga yang terbaik!.

Jika lulus

Jika mengulang

Apapun hasilnya, bersyukur selalu. Jika mengulang, akan dilaksanakan pada bulan maret sampai april dengan format yang sama.  Untuk selanjutnya, akan ada informasi. Sementara hanya itu.


NB: penulis akan update artikel ini jika ada info terbaru. Terima kasih

No comments:

Post a Comment