Sunday, August 31, 2014

Buku Sekolah Elektronik (BSE) Teknik Elektronika

Sekian Lama menunggu kehadiran BSE, khusus bidang Elektronika, akhirnya muncul juga. Namun tidak semua mata pelajaran tersedia. Dari beberapa buku yang penulis amati masih ada yang materi yang tumpang tindih, dan kemungkinan ada perbaikan dikemudian hari. Tapi yang penting adalah BSE untuk Kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan  sudah mulai dikerjakan. 
Kita tunggu Pemerintah dan pihak terkait menyelesaikan tugasnya, untuk melengkapi perangkat pembelajaran khususnya Buku-buku pelajaran berupa Buku Elektronik ini. Sehingga kita sebagai tenaga pengajar maupun peserta didik memiliki buku pegangan. Silahkan klik download untuk buku-buku yang diperlukan sesuai dengan mata pelajarannya, dan boleh disebar luaskan. Terus pantau update terbaru dari ketersedian BSE yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Update:

Setelah sekian tahun tidak memperbaharui blog ini, penulis ingin berbagi lagi informasi tentang BSE K13. 

Sambil melaksanakan kegiatan mengajar, dan memperhatikan perkembangan kebijakan pemerintah terkait program BSE ini. Akhirnya penulis sementara berpendapat bahwa program buku BSE ini seperti terhenti. Hampir setiap kesempatan melihat link yang dishare, tidak ada perkembangan tambahan buku baru. 
Dari sinilah penulis merasa ingin berbagi kepada pembaca sekiranya ada yang mengetahui penyebabnya

Yang jelas sekian tahun menunggu buku BSE baru khususnya bidang Mekatronika belum ada perkembangan. 

Sekarang Kurikulum K13 direvisi lagi, pada tahun 2017 yang notabene kemungkinan buku yang lama juga harus direvisi menyesuaikan kebijakan perubahan kurikulum. 

Semoga kita yang merasa perlu buku untuk peserta didik kita mempersiapkan buku diluar link ini daripada mengharapkan BSE ini lanjut atau tidak. Penulis sendiri sudah membuat buku sendiri (modul) tetapi tidak dipublikasikan karena menyadur dari beberapa literatur text book dan lewat browsing. Era Internet sangat membantu membuat bahan ajar menyesuaikan dengan kondisi di satuan pendidikan masing-masing. 

Mohon maaf kalau tulisan ini kurang baik dari segi bahasa, karena tujuan utama penulis hanya untuk bertukar informasi. 

2 comments: